Selamat Datang di Skripsi Cafe.
Kami senang dapat membantu anda menyelesaikan tugas akhir anda skripsi/Tesis. Spesialisasi kami adalah Skripsi/Tesis Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Ibu dan anak/Kesehatan Reproduksi, Bahasa Inggris. Untuk bidang study lain kami siap membantu merekomendasikan tim konsultasi lain yang dapat anda andalkan. Jika anda membutuhkan jasa kami, jangan ragu untuk menghubungi Call Centre kami. Kepercayaan anda adalah amanat kami.

Kamis, 16 Februari 2012

Skripsi-cafe : Keperawatan

Keperawatan merupakan suatu profesi yang difokuskan pada perawatan individu, keluarga, dan komunitas dalam mencapai, memelihara, dan menyembuhkan kesehatan yang optimal dan berfungsi. Definisi modern mengenai keperawatan didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan dan suatu seni yang memfokuskan pada mempromosikan kualitas hidup yang didefinisikan oleh orang atau keluarga, melalui seluruh pengalaman hidupnya dari kelahiran sampai asuhan pada kematian.


Keperawatan adalah salah satu profesi di rumah sakit yang berperan penting dalam upaya menjaga mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pada standar evaluasi dan pengendalian mutu dijelaskan bahwa pelayanan keperawatan menjamin adanya asuhan keperawatan yang bermutu tinggi dan terus menerus melibatkan diri dalam program pengendalian di rumah sakit.
 
Sekitar 150 tahun yang lalu, Florence Nightingale, mendefinisikan Keperawatan sebagai the act of utilizing the environtment of the patient to assist him in his recovery‘, yang maksudnya adalah bahwa seorang Perawat itu bertindak dengan memberdayakan lingkungan disekitar pasien guna membantu pasien mendapatkan penyembuhan. Oleh karena itu, pada masa itu, Nightingale memberi perhatian penuh terhadap: kebersihan, ventilasi yang baik, dan lingkungan yang tenang bagi upaya penyembuhan pasien.

Penerus Nightingale, yaitu Virginia Henderson menyatakan ‘the unique function of the nurse is to assist the individual, sick or well, in the performance of those activities contributing to health or its recovery (or to peaceful death) that he would perform unaided if he had the necessary strength, will, or knowledge, and to do this in such a way as to help him gain independence as rapidly as possible‘, maksudnya fungsi seorang Perawat itu unik yaitu membantu individu, baik yang sehat maupun sakit, dalam rangka meningkatkan kesehatan atau mendapatkan penyembuhan (bisa juga agar dapat meninggal secara damai), aktivitas Perawat dilakukan tanpa menggunakan alat, yang dibutuhkan adalah kekuatan, kemauan dan pengetahuan. Dan, kesemuanya itu dilakukan seoptimal mungkin untuk kemandirian pasien secepatnya.

Dengan demikian hakekat keperawatan  adalah:
  1. Nursing is caring (Keperawatan itu melakukan perawatan)
  2. Nursing is an art (Keperawatan itu seni)
  3. Nursing is a science (Keperawatan adalah sains)
  4. Nursing is client centered (Keperawatan mengutamakan kebutuhan klien)
  5. Nursing is holistic (Keperawatan adalah pelayanan paripurna)
  6. Nursing is adaptive (Keperawatan itu adaptif)
  7. Nursing is concerned with health promotion, health maintenance, and health restoration(Keperawatan itu fokus pada promosi kesehatan, pemeliharaan kesehatan dan rehabilitasi kesehatan), dan
  8. Nursing is a helping profession (Keperawatan adalah profesi yang senantiasa memberikan pertolongan). 
Referensi-referensi Skripsi tentang ilmu keperawatan dapat diunduh disini :
  1. Pendekatan Problem solving . Download
  2. Injecting Drug Users. Download
  3. Resusitasi Neonatus Dengan Gangguan Pernafasan. Download
  4. Penerapan Aspek Spiritualitas Perawat. Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar